Sunday, August 7, 2011

Piknik Muda Mudi!

Kalau kita mendengar kata 'muda-mudi', apa yang terbayang dalam benak sampeyan? Bagi saya, 'muda-mudi' menjadi sebuah terma nostalgik yang mensyaratkan kebersamaan, tawa ria pemuda dan pemudi, kemesraan, dan gelak hangat di masa kejayaan kampung-kampung masa lalu. Dan ternyata, saya menjumpai kehangatan dan kemesraan muda-mudi beberapa bulan terakhir ini bersama dengan teman-teman muda-mudi dari Kampung Bumen, Kotagede, Yogyakarta.

Saya memang sedang melakukan sebuah projek di kampung ini dengan muda-mudinya yang penuh semangat dan berkomitmen tinggi. Jarang saya melihat sebuah komunitas pemuda kampung yang bersemangat tinggi membangun kampungnya dan berkomitmen tinggi untuk nguri-uri kabudayan seperti di Bumen. Mungkin saya akan bercerita tentang projek saya di sana dalam beberapa tulisan saya mendatang.
Nah, kali ini saya ingin menceritakan tentang pengalaman piknik saya dengan Muda-Mudi Bumen beberapa waktu lalu di beberapa pantai di Gunung Kidul. Sebuah pengalaman luar biasa ketika saya berada di sebuah 'piknik muda-mudi' yang pada masa sekarang hanya eksis dalam ingatan para generasi tahun 70an.
Ya. Piknik muda-mudi.
Berapa banyak sih sekarang kampung-kampung di Jogja yang muda-mudinya rutin menyelenggarakan piknik muda-mudi dengan menyewa bis dan beramai-ramai melawat ke pantai atau objek rekreasi lainnya lalu makan bersama dan bermain bersama?
Bukankah 'tren' masa kini adalah traveling ke negeri-negeri tetangga, sendirian atau dalam rombongan yang biasa disebut 'backpacker'?
Ah!
Sungguh, sampeyan harus merasakan apa yang saya rasakan!
Ikut melebur, berpeluk hangat, tertawa, bermain pasir, berkejaran, bergandengan tangan, tetiduran di atas pasir dan merasakan hangat matahari membelai kulit saya yang berbau air garam:
serasa kembali ke masa kanak-kanak yang menyenangkan!
(all photos taken by Aref bukan Arif)
(dedicated to Muda-Mudi Bumen, Kotagede: I LOVE YOU ALL, guys!)

No comments:

Post a Comment

terimakasih ya sudah mampir dan menyapa kurakurakikuk :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...