Thursday, April 14, 2011

Sungai-sungai Tamil

Dalam setiap perjalanan naik bis, kereta, atau alat transportasi apapun, saya selalu dengan semangat menengok ke jendela terhadap dua hal ini: jembatan dan sungai. Tak tahu kenapa. Saya suka sekali jembatan dan sungai. Dan ketika beberapa waktu yang lalu saya melewati sungai-sungai besar dalam perjalanan ke timur dan barat pulau Jawa, tiba-tiba saya teringat dengan sebuah sungai di Tamil Nadu, India Selatan.
Saat itu saya dan rombongan teman-teman sedang naik bus hendak menuju ke beberapa kuil-kuil Tamil, dan dalam perjalanan, kami melewati sebuah sungai.
Yang tidak biasa adalah di sebalik sungainya ada buldozer-buldozer besar yang hilir mudik tengah mengangkuti sesuatu. Saya pikir waktu itu, waow, ada penambangan pasir gila-gilaan di sini! Dan setelah teman saya yang seorang aktivis perempuan Tamil, Christy bercerita tentang penambangan gila-gilaan di sungai-sungai di Tamil Nadu, wah, saya tak tahu harus bilang apa. Sungai-sungai Tamil ini kaya akan mineral, bauksit dan sebagainya itu, jadi buldozer-buldozer pengeruk itu tak hanya membawa ribuan kubik pasir tetapi mengangkut mineral-mineralnya juga. Dan banyaknya sungai yang ditambang menjadikan sungai-sungai kering. Tak berair. Dan saat sungai-sungai tak lagi berair, ah, sampeyan tahu sendiri kalimat ini akan berhujung kemana...
Inilah wajah sungai dengan jembatannya yang ternyata terbuat
dari karung-karung pasir yang berwarna-warni.
Di balik jembatan, beberapa penduduk desa beraktivitas seperti biasa.
Bapak yang ini sedang mencuci baju-bajunya.
Tak jauh dari si bapak pencuci baju,
ada seorang bapak yang lain yang sedang mandi.
Inilah pinggiran kota Tamil dengan gedung-gedungnya yang kotak-kotak
dengan sungai-sungai yang terancam kering karena penambangan.
Ah, saya lalu jadi ingat dengan Kali Code yang semilir dan yang menjadikan sungai sebagai bagian depan rumah, bukan lagi bagian belakang.
Oya, kalau sampeyan sempat dan banyak waktu, silakan melihat video tentang Kali Code yang berjudul Cities Without Map yang digagas oleh Zanny Begg dan Keg de Souza. Ada saya lho di videonya, he-he-he.
Kali Code (foto diambil sekitar Mei 2009).
Kampung Jagalan-Kali Code-Kmpung Ratmakan.

Selamat belajar dari sungai!

No comments:

Post a Comment

terimakasih ya sudah mampir dan menyapa kurakurakikuk :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...