Monday, April 25, 2011

Dialog tentang Nama


1.
Banyak orang yang bertanya kenapa nama saya in-va-ni.
Banyak yang salah mendengar menjadi in-sa-ni.
Ada juga yang bilang nama saya seharusnya in-va-si.
Karena ayah saya suka menginvasi ibu saya sampai pagi.
Lalu saya bertanya kepada ibu, kenapa nama saya in-va-ni.
Ibu saya menjawab dengan pelan dan hati-hati.
Karena awalnya ibu saya ingin menamai saya in-fa-ki.
Dari kata in-fak, agar banyak orang yang meng-infak-i saya nanti.
Tapi setelah tahu fak itu artinya apa, ibu saya mengurungkan niatnya dan merubahnya menjadi
in-va-ni.

2.
Banyak orang yang bertanya kenapa nama saya le-la.
Apakah saya lahir di malam hari seperti kata arab la-i-la.
Ada juga yang bilang saya bakal tak bertuhan karena la-ila
dalam bahasa arab berarti tak-ada-tuhan.
Tapi saat saya kembali bertanya kepada ibu saya,
mengapa saya diberi nama le-la,
ibu hanya menjawab, kamu lahir jam satu siang saat matahari panas membara.

3.
Banyak orang yang bertanya kenapa nama saya her-li-a-na.
Kalau yang ini saya bisa menjawabnya.
Her dari potongan nama ayah saya.
Liana dari potongan nama ibu saya.
Tapi ibu saya memotong, bukan hanya itu saja!
Saya suka sekali dengan Herlina si Pending Emas yang berjuang di Papua!
Dan saya ingin kau punya nama itu agar kau seberani Si Pending Emas: Herlina!

NB:
Pada usia 18 tahun, Herlina menjadi wanita pertama yang mengelilingi Indonesia. Pada usia 20 tahun, ketika Indonesia berjuang penuh gelora membebaskan Irian dari cengkeraman Belanda, ia pun ambil bagian di dalamnya. Ia menerbitkan koran perjuangan. Ia diterjunkan ke belantara Irian. Ia berani menghadapi maut yang menghadang di mana-mana. Tuhan menyertainya. Ia diselamatkan oleh putra-putra Irian. Kemudian ia kembali lagi ke sana, mengarungi lautan pertarungan antara hidup dan maut. Ia satu-satunya wanita yang bergerilya di sana, hingga tiba masa gencatan senjata, sampai kembalinya Irian ke pangkuan Ibu Pertiwi Tercinta.
Ia Srikandi Indonesia, si Pending Emas: Herlina!
(dari review Buku Bagus http://www.bukubagus.com/page_produk_detil.php?kd_prod=NNTS45)

No comments:

Post a Comment

terimakasih ya sudah mampir dan menyapa kurakurakikuk :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...