Tuesday, April 5, 2011

Chinatown yang Merah Menyala

Saya menyempatkan diri ke Chinatown karena saya tahu saya tak punya banyak waktu luang untuk berjalan-jalan di Singapura. Jadilah saya punya waktu "hanya" enam jam untuk berkeliling kota sendirian. Dan tujuan saya sangat klise, Chinatown dan Little India. Inilah wajah Chinatown yang penuh dengan warna-warna merah nan menyala, disertai dengan dengungan para penjual dan pembeli yang memadati ruas-ruas jalan Chinatown, dan saya sedang berada di Jalan Pagoda. Mengagumi bangunan-bangunan kunonya yang direstorasi dan berwarna-warni di tengah terik matahari jam satu siang.
Ayo ayo beli beli merah merah murah murah!
Kipas yang sering dibawa Pai Su Cen dan To Liong To.
Tasbih dan lampion merah menyala.
Segala macam pernak dan pernik pecinan yang memerah.
Cukup lama saya memandang di depan kipas-kipas ini.
Beli, tidak, beli, tidak, akhirnya tidak beli!
Kalau yang ini, mereka bisa gerak-gerak dan bersuara.
Yang kiri miniaturnya Boboho, dengan gaya remix hip hop,
sedang yang merah memainkan alat musik tradisional Cina.
Inilah salah satu sudut Chinatown yang sempat saya bidik siang itu.

Pusat warisan kebudayaan Cina yang sepi pengunjung,
karena isinya lebih banyak suvenirnya.

Kalau yang ini, saya benar-benar sedang merasa di
CHINATOWN!

*bersambung*

No comments:

Post a Comment

terimakasih ya sudah mampir dan menyapa kurakurakikuk :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...